Indonesia Database

Apa itu IG?

Indikasi Geografis adalah suatu tanda yang menunjukkan daerah asal suatu barang dan/atau produk yang karena faktor lingkungan geografis termasuk faktor alam, faktor manusia atau kombinasi dari kedua faktor tersebut memberikan reputasi, kualitas, dan karakteristik tertentu pada barang dan/atau produk yang dihasilkan.

Tanda yang digunakan sebagai Indikasi Geografis dapat berupa etiket atau label yang dilekatkan pada barang yang dihasilkan. Tanda tersebut dapat berupa nama tempat, daerah, atau wilayah, kata, gambar, huruf, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut. (https://www.dgip.go.id/menuutama/ indikasi-geografis/ pengenalan)

IG Indonesia dan
tentang 111 IG Indonesia

IG Indonesia adalah suatu tanda yang menunjukkan produk-produk yang ada di daerah Indonesia, berupa sumber daya alam, barang kerajinan tangan, dan juga hasil industri.

Produk-produk tersebut dapat diajukan oleh lembaga yang mewakili masyarakat di kawasan geografis tertentu yang mengusahakan suatu barang dan/atau jasa, dan juga pemerintah daerah provinsi dan/ atau kabupaten/kota.

Saat ini di Indonesia sendiri sudah ada 105 Produk yang terdaftar di Indikasi Geografis, produk-produk tersebut terdiri dari berbagai macam jenis yang menunjukkan daerah asal produk tersebut. (https://www.dgip.go.id/menuutama/ indikasi-geografis/ pengenalan)

Apa itu IGIS 2022?

IGIS 2022 berfokus pada produk agrifood dan rempahrempah khususnya dikenal oleh para profesional di sektor makanan gourmet. Yang melatar belakangi adanya IGIS 2022 yaitu kurang dikenalnya produk-produk tersebut oleh konsumen di Indonesia dan pasar ekspor.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan visibilitas online IG Indonesia, mengaktifkan dan memobilisasi “pegiat merek” lokal, nasional dan internasional dalam mempromosikan IG Indonesia dengan mengeksplorasi dan mengekspos fitur-fitur spesifik yang menentukan karakteristik dan kualitas unik yang berkontribusi pada reputasi masing-masing IG.

Target audiens dan penonton utama roadshow ini adalah pecinta kuliner, pelancong, eksekutif muda, dan pecinta makanan kelas atas atau gourmet, tetapi juga pedagang, eksportir, dan pemangku kepentingan IG lainnya serta publik pada umumnya, selain jaringan penggemar dan pengikut aktivis.

10 IG yang terlibat dalam IGIS 2022

Lada Putih Muntok

Bangka Belitung

Cengkeh Minahasa

Sulawesi Utara

Pala Siau

Sulawesi Utara

Garam Amed Bali

Bali

Lada Luwu Timur

Sulawesi Selatan

Beras Adan Krayan

Kalimantan Utara

Sejarah

Produk-produk tersebut dapat diajukan oleh lembaga yang mewakili masyarakat di kawasan geografis tertentu yang mengusahakan suatu barang dan/atau jasa, dan juga pemerintah daerah provinsi dan/ atau kabupaten/kota.

Saat ini di Indonesia sendiri sudah ada 105 Produk yang terdaftar di Indikasi Geografis, produk-produk tersebut terdiri dari berbagai macam jenis yang menunjukkan daerah asal produk tersebut. (https://www.dgip.go.id/menuutama/ indikasi-geografis/ pengenalan)

History

Produk-produk tersebut dapat diajukan oleh lembaga yang mewakili masyarakat di kawasan geografis tertentu yang mengusahakan suatu barang dan/atau jasa, dan juga pemerintah daerah provinsi dan/ atau kabupaten/kota.

Saat ini di Indonesia sendiri sudah ada 105 Produk yang terdaftar di Indikasi Geografis, produk-produk tersebut terdiri dari berbagai macam jenis yang menunjukkan daerah asal produk tersebut. (https://www.dgip.go.id/menuutama/ indikasi-geografis/ pengenalan)

Variant Colour3 IGIS 2022 Logo

ABOUT IGIS

History

Indonesia Database

Bahasa / English